Budidaya Daphnia Magna itu Mudah

Daphnia magna adalah crustacean (udang-udangan) kecil berukuran 2 hingga 5 mm yang kerap dijadikan pakan untuk larva ikan. Daphnia sangat disukai karena mudah dikembangbiakkan dan memiliki kandungan protein tinggi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan ikan.

Daphnia dewasa dapat bertelur puluhan hingga ratusan butir dalam 3 hingga 4 hari sekali. Perkembangbiakkannya dapat terjadi secara generatif (kawin) ataupun secara parthenogenesis (tanpa kawin). Daphnia yang tidak memiliki pasangan (hidup sendiri) dapat menghasilkan anakan yang jenis kelamin dan komposisi DNA-nya sama dengan milik induknya.

Beternak daphnia sangatlah mudah. Yang harus disiapkan adalah benih daphnia, tempat mengembangbiakkan, dan makanan untuk daphnia.

Daphnia dilihat melalui mikroskop.
Wadah budidaya daphnia.










Benih dapat dibeli dari pembudidaya lain atau mencari di perairan yang subur dan banyak mengandung alga. Terdapat beberapa jenis daphnia dan jenis Daphnia magna memiliki ukuran yang paling besar.

Cara budidaya daphnia adalah sebagai berikut.

  • Siapkan tempat hidup daphnia berupa ember, kolam, ataupun wadah lainnya.
  • Isi wadah tersebut dengan air secukupnya dan tambahkan pupuk kandang.
  • Letakkan di luar rumah agar terkena cahaya matahari.
  • Tunggu beberapa hari hingga air berubah menjadi kehijauan yang artinya alga (makanan daphnia) telah tumbuh.
  • Letakkan benih daphnia dalam wadah yang telah siap.
  • Tunggu selama 1 hingga 2 minggu untuk melakukan pemanenan pertama (semakin banyak benih akan semakin banyak hasilnya).
  • Panenlah dapnia dengan menggunakan jaring (seser) halus di siang hari, karena pada waktu siang daphnia akan berkumpul di permukaan air.

Hindarkan tempat hidup daphnia dari air hujan karena air hujan terutama di kota-kota besar bersifat asam dan dapat mematikan daphnia. Selamat mencoba.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Budidaya Daphnia Magna itu Mudah"

  1. Saya tertarik budidaya daphnia..terima kasih artikelnya bagus sekalu

    ReplyDelete