Blackout Aquascape Membasmi Alga Cladophora?

Setelah kemaren saya gagal membasmi alga cladophora dengan menggunakan ikan Chinese Alga Eater, sekarang saya coba menggunakan metode blackout. Sekedar mengingatkan..alga cladophora adalah jenis alga dengan tekstur kasar dan kadang muncul di akuarium aquascape. Ikan-ikan pemakan alga semacam alga eater atau udang cherry merah tidak doyan makan alga ini.

Inti dari metode blackout adalah menutup seluruh bagian akuarium sehingga tidak ada sinar yang masuk selama beberapa hari, minimal 3 hari. Selama ditutup ini tumbuhan tidak akan berfotosintesis sehingga tidak mampu menghasilkan makanan. Alga tidak akan mempu berfotosintesis sehingga akan mati, namun tanaman lain seperti java moss atau anubias tidak akan mati karena memiliki ketahanan yang lebih tinggi.

alga cladophora
Alga cladophora

Jadi saya mematikan lampu akuarium saya, dan menutupnya dengan menggunakan plastik hitam. Sebenarnya bisa menggunakan bahan-bahan yang lain yang penting menghalangi cahaya masuk akuarium. Namun filter memang tidak saya matikan agar tetap ada sirkulasi udara karena tidak semua ikan berhasil saya keluarkan dari akuarium.

alga cladophora
Cladophora di akuarium saya

Dari literasi-literasi yang saya baca maksimal penerapan metode ini adalah 21 hari sedangkan minimal 3 hari. Semakin lama waktu menutup akuarium ini semakin baik dalam membasmi alga, namun juga beresiko merusak tanaman air yang kita tanam.

Jadi saya tetapkan hanya seminggu membiarkan akuarium saya tertutup tanpa cahaya. Selama 7 hari itu saya tidak utak atik akuarium bahkan tidak mengintip dalamnya sekalipun.

blackout akuarium
Akuarium saya tutup rapat selama 7 hari

Setelah 7 hari, penutup akuarium saya buka sedikit demi sedikit agar ikan di dalamnya tidak kaget karena cahaya terang yang tiba-tiba datang. Saya buka perlahan-lahan agar ikan-ikan bisa menyesuaikan pandangannya terhadap cahaya.

Setelah saya buka, saya ganti air akuarium separuh karena airnya nampak agak kotor kemudian saya pasang kembali lampu akuarium. Setelah itu saya mengamati apa yang terjadi dengan alga cladophora itu.

Ternyata oh ternyata....
Alga cladophora di akuarium saya tidak mati.

alga cladophora
Cladophora tidak mati setelah blackout 7 hari

Cladophora-cladophora masih tetap kokoh menempel di tanaman air dan pasir akuascape saya. Tidak ada perubahan dari sebelum saya menutup akuarium dan setelah saya menutup akuarium. Mungkin durasi blackout yang saya terapkan kurang lama. Namun saya kuatir kalau terlalu lama justru akan semakin merusak tanaman air saya.

Wong hanya menutup selama seminggu saja tanaman air saya sudah rusak-rusak kok. Ada yang patah-patah, ada yang daunnya mulai membusuk, ada yang jadi menguning karena kurang sinar. Yang paling tahan adalah jenis Anubias karena berdaun lebar yang tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Namun walaupun alga cladophora tidak mati dengan blackout 1 minggu. Alga-alga lain seperti alga rambut sebagian besar mati karena perlakuan ini. Tadinya batu di akuarium saya ditumbuhi alga rambut namun setelah saya blackout 1 minggu, saya lihat sudah banyak berkurang.

Jadi kesimpulannya adalah:
Metode blackout 7 hari gagal membasmi alga cladophora, namun cukup berhasil membasmi alga rambut.

Nampaknya saya harus mencari metode lain untuk membasmi cladophora ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Blackout Aquascape Membasmi Alga Cladophora?"

Post a Comment