Memelihara Ikan Black Ghost (Apteronotus albifrons)

Black ghost merupakan ikan hias air tawar yang cukup digemari penghobi akuarium. Ikan ini anggota dari famili Apteronotidae yaitu ikan-ikan dengan bentuk mirip pisau. Ikan yang berasal dari sekitar Amazon ini memiliki warna tubuh hitam dengan dua garis putih di ekor dan satu garis di moncongnya. Orang sekitar Amazon percaya bahwa arwah nenek moyang yang telah mati akan bersama ikan ini oleh karena itu mereka menyebutnya dengan black (hitam) ghost (hantu).

Informasi memelihara
Ukuran akuarium minimal: 150 gallon
Kesulitan memelihara: sedang
Sifat: semi-agresif
Kondisi air: 22-26 derajat celcius, pH 6.5-7.0
Ukuran maksimal: 50 cm
Warna tubuh: hitam
Sifat makan: karnivora
Asal: Amerika Selatan
Famili: Apteronotidae

Black ghost adalah tipe ikan yang cukup pemalu, mereka menyukai akuarium yang dilengkapi batuan atau tumbuhan sebagai tempat bersembunyi. Mereka merupakan hewan nokturnal yang akan lebih aktif di malam hari. Ketika siang hari mereka sering bersembunyi namun ketika telah gelap mereka akan aktif mencari makan di dasar akuarium. Mereka lebih menyukai bereneng di dasar akuarium daripada menuju permukaan. Di alam mereka merupakan karnivora yang mencari cacing atau larva serangga di dasar perairan.

black ghost

Dalam akuarium black ghost dapat diberi makan cacing beku, cacing darah, ataupun pelet ikan. Namun pelet umumnya baru akan dimakan ketika telah jatuh di dasar akuarium. Ikan ini menyukai akuarium dengan pencahayaan remang-remang karena sifatnya sebagai hewan malam. Mereka memiliki organ yang mampu menghasilkan listrik yang digunakan untuk mendeteksi lingkungan sekitar, hanya listrik yang dihasilkan memiliki tegangan yang rendah.

Black ghost adalah ikan yang agak agresif, dapat dipelihara dengan ikan lain yang ukurannya sama atau lebih besar darinya. Ketika dipelihara dengan ikan yang berukuran lebih kecil, mereka cenderung mengeluarkan sifat agresifnya. Namun jangan dipelihara bersam ikan-ikan ganas semacam siklid atau sumatera karena mereka suka menyerang si black ghost. Karena tidak memiliki sisik ikan ini akan mudah terluka apabila mendapat serangan dari ikan lain. Dengan perawatan yang baik black ghost mampu tumbuh hingga sekitar 50 cm panjangnya.

Harga ikan dengan ukuran 5 cm sekitar Rp. 8.000

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memelihara Ikan Black Ghost (Apteronotus albifrons)"

Post a Comment