Ikan-Ikan Yang Bisa dipelihara Bersama Lou Han

“Ikan lou han itu nampak kesepian di dalam akuarium besar dengan volume 150 galon. Dia berenang bolak-balik tanpa pernah berpapasan dengan seekor ikan-pun, karena dia hidup sendiri di akuarium itu”

Itu adalah sepenggal kisah dari lou han peliharaan saya yang hidup sendiri dalam akuarium. Lou han memang dikenal sebagai ikan yang ganas, maka dari itu orang-orang biasanya tidak memeliharanya bersama ikan lain dalam akuarium. Mereka ikan yang teritorial dan suka menyerang ikan lain yang ukuran tubuhnya lebih kecil.

lou han
Lou han

Namun sebenarnya dalam beberapa kondisi tertantu ikan lou han dapat dipelihara bersama-sama dengan ikan lain dalam satu akuarium. Dengan 3 syarat utama yaitu:

  • Akuarium berukuran cukup besar, lebih dari 150 galon.
  • Ikan partner lou han tidak buas
  • Ikan partner berukuran hampir sama dengan lou han

Nah berikut ini adalah ikan-ikan yang dapat dipelihara bersama lou han dalam 1 akuarium.

Oscar

Oscar merupakan jenis siklid yang berasal dari Amerika dengan temperamen yang tidak terlalu ganas. Mereka dapat dipelihara bersama-sama dengan oscar lain dalam akuarium maupun dengan ikan jenis lain yang berukuran sama tanpa saling menyerang. Ada 2 variasi warna ikan oscar yang sering dijumpai, yaitu jenis yang berwarna coklat gelap dan jenis albino dengan tubuh putih kekuningan.

ikan oscar
Ikan oscar

Arwana

Telah dikenal puluhan tahun sebagai ikan naga, arwana juga termasuk ikan ganas yang umumnya dipelihara sendiri dalam akuarium. Namun bila ukuran akuarium cukup besar arwana dapat dipelihara bersama dengan ikan lain termasuk dengan lou han. Namun bila ukuran akuarium kecil jangan coba-coba karena ikan ini bisa-bisa menyerang lou han atau melompat keluar.

arwana super red
Arwana Super Red

Lemon Siklid

Ikan ini sangat umum dijumpai di toko akuarium dan harganya-pun murah. Namun yang umum dijual ukurannya sangat kecil sekitar 5 cm saja. Nah untuk bisa dipasangkan dengan lou han pilihlah lemon siklid dewasa yang telah berukuran 10 cm lebih. Walaupun tidak dapat mencapai seukuran lou han, ikan ini dapat hidup berdampingan dengan lou han karena gesit dan cepat dalam menghindari kejaran lou han.

lemon siklid
Lemon siklid

Peacock Bass

Ikan yang belum begitu umum dipelihara di Indonesia, namun belakangan ke-populeran-nya meningkat. Ikan ini juga termasuk ikan ganas yang suka memangsa ikan lain yang lebih kecil. Namun dengan pembiasaan, dapat dipelihara bersama-sama dengan louhan dan ikan-ikan lain dalam daftar ini.

peacock bass
Peacock Bass

Blood Parrot

Kalau ikan yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kehandalannya. Sudah sejak lama dikenal sebagai ikan jinak dan bisa dipelihara dengan lou han, bahkan dikawinkan dengan lou han. Ikan ini memiliki warna merah cemerlang yang sangat cocok dipelihara dengan si ikan junong.

blood parrot
Blood Parrot

Sapu-Sapu

Biasanya dipelihara dalam akuarium sebagai tukang bersih-bersih. Mereka akan membersihkan kaca akuarium dari alga dan memakan sisa makanan di dasar akuarium, bahkan dalam kasus yang sangat ekstrim akan memakan kotoran ikan. Sapu-sapu dilindungi dengan sisik yang sangat tebal sehingga sangat kuat bertahan dari serangan ikan lain. Bila beruntung, teman-teman dapat menemukan ikan sapu-sapu hias dengan warna yang menarik di toko akuarium namun harganya juga lebih mahal dari sapu-sapu biasa.

sapu-sapu
Sapu-Sapu

Gurami

Selain sebagai ikan konsumsi, gurami juga populer sebagai ikan hias terutama karena mampu mencapai ukuran yang besar di akuarium. Gurami yang bisa dipelihara bersama lou han adalah gurami besar bukan gurami kerdil. Jenis gurami besar bermacam-macam, ada gurami biasa, gurami putih, maupun gurami bibir tebal.

gurami putih
Gurami putih

Namun dari pengalaman saya, lou han cenderung lebih jinak bila dipelihara bersama-sama dengan banyak jenis ikan dalam satu akuarium besar. Namun bila hanya dipelihara dengan 1 jenis ikan lain malah akan saling serang (biasanya si lou han yang akan menyerang).

Bila teman-teman mau mencoba mencampur lou han dengan ikan lain sebaiknya hati-hati. Ketika anda melihat bahwa lou han menyerang terus dan ikan partner malah ketakutan dan luka-luka, segera pisahkan saja. Namun bila selama beberapa hari tidak terjadi serangan maka aman dan dapat dipelihara bersama-sama.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ikan-Ikan Yang Bisa dipelihara Bersama Lou Han"

Post a Comment