Penyakit Cacing Insang Koi : Diagnosis dan Pengobatan

Koi termasuk ikan hias yang cukup rentan dengan penyakit apabila dipelihara dalam kolam yang tidak terlalu bersih. Salah satu penyakit yang cukup merepotkan adalah insang yang melepuh akibat serangan cacing pita pada insang. Koi yang terserang penyakit ini akan malas makan, malas bergerak dan lama-kelamaan bisa mati. Dalam bahasa inggris penyakit ini disebut dengan gill fluke disease.

Tanda Umum Serangan

Penyakit insang ini disebabkan oleh serangan cacing pita di insang koi. Cacing tersebut berukuran kecil sekitar 0,3 mm dan hidup menempel di insang untuk menghisap darah dan cairan insang. Cacing ini memiliki semacam kait di kepalanya yang digunakan untuk menempel pada insang.

Koi yang terserang cacing ini akan sering berenang di permukaan air untuk mencari oksigen karena insangnya rusak sehingga kemampuan mengikat oksigen berkurang. Koi menjadi malas bergerak juga malas makan.

penyakit insang koi
Insang koi melepuh dan tutup insangnya melebar

Insang yang terserang akan mengalami luka sehingga memungkinkan infeksi bakteri pada insang tersebut. Akibatnya insang bisa melepuh atau membesar akibat dari infeksi bakteri.

Koi sering berenang di permukaan dan insangnya melepuh merupakan tanda yang paling mudah diamati dari penyakit ini.

Pengalaman saya, ikan koi yang masih kecil cukup rentan terhadap penyakit ini sedangkan koi dewasa lebih tahan. Koi dewasa lebih tahan karena memiliki kekabalan yang lebih tinggi terhadap serangan cacing.

Cara Pengobatan

Cacing merupakan penyakit primer sedangkan infeksi bakteri adalah penyakit sekunder. Jadi untuk mengobatinya dibutuhkan obat yang mampu membunuh cacing dan mematikan bakteri sekaligus.

Pengalaman saya menghadapi penyakit ini adalah dengan mengkombinasikan obat cacing dengan antibiotik. Untuk akuarium ukuran kecil saya menggunakan Combantrin yang saya kombinasikan dengan Methylene blue. Combantrin akan mematikan cacing sedangkan Methylene blue akan membasmi bakteri sehingga infeksi bisa terhenti.

Proses pengobatan penyakit ini biasanya agak lama apabila sudah sampai insang melepuh. Namun bila insang belum melepuh tidak terlalu lama. Setelah ikan diberi pengobatan dengan obat cacing dan antibiotik biasanya akan muncul gerakan-gerakan aneh.

Koi akan nampak menggesek-gesekkan insangnya ke dinding akuarium atau dasar akuarium. Hal ini terjadi karena “mungkin” insang yang terasa gatal akibat kerja dari obat-obatan tadi. Perilaku gesek-gesek insang ini akan berlangsung selama beberapa hari.

Baca juga : Mengatasi Masalah Mas Koki Berenang Terbalik (Kembung)

Morfologi Cacing Insang

Cacing yang menyerang merupakan jenis Dactylogyrus yang berukuran antara 0,1 hingga 0,3 mm. Cacing ini masuk dalam kelompok trematoda atau cacing pipih. Tubuhnya pipih atau gepeng tidak gilig seperti cacing tanah.

cacing pipih
Cacing ini memiliki kait yang digunakan untuk menempel pada insang ikan

Cacing ini berkembang biak dengan bertelur, dan akan melepaskan telurnya di air sehingga dapat menetas dan menyerang ikan lain. Oleh karena itu apabila ada seekor ikan yang terindikasi terkena serangan cacing insang, akan lebih baik kalau dilakukan sterilisasi pada kolam.

Cacing ini memiliki kait atau hook di kepalanya yang digunakan untuk menempelkan tubuhnya di insang. Dengan kait ini cacing tidak akan terbawa arus air yang mengalir diantara insang-insang. Cacing akan menempel sambil merusak jaringan insang dan menyerap cairan insang.

Insang yang rusak akan menghasilkan lebih banyak lendir, oleh karena itu tanda awal serangan cacing ini adalah adanya lendir yang berlebih pada insang. Serangan yang berkelanjutan dapat menyebabkan infeksi bakteri sehingga menjadi luka yang terbuka dan mengakibatkan jaringan melepuh atau membesar.

Cara Pencegahan

Cacing ini bisa muncul dari air yang kotor maupun pakan hidup yang tidak higienis. Koi yang dipelihara di kolam lumpur atau air yang berasal dari sungai dapat membawa bibit cacing pipih ini. Selain itu memberi anakan koi dengan cacing darah yang hidup di tempat kotor juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Untuk mencegah koi dari serangan cacing pipih harus selalu menjaga kebersihan air kolam dan juga memberikan pakan yang higienis. Kolam dengan sirkulasi tertutup akan lebih aman dibandingkan kolam dengan sirkulasi terbuka asalkan kebersihan air terjaga dengan baik.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Penyakit Cacing Insang Koi : Diagnosis dan Pengobatan"