Menguak Penyebab Daun Tanaman Aquascape Baru Mudah Busuk

Hobi aquascape baru-baru ini cukup populer di kalangan pecinta ikan hias air tawar. Dengan mengkombinasikan ikan indah dalam aquarium tanaman yang asri akan membuat mata seolah enggan untuk berpaling.

Masalah yang kadang menyerang aquascape baru adalah banyaknya daun-daun tanaman yang mendadak busuk dan rontok. Salah satu jenis yang daunnya mudah busuk ketika baru ditanam adalah Cryptocoryne.

Tanaman ini berasal dari rawa-rawa dan sungai di Sri Langka. Cryptocoryne memiliki beberapa jenis, ada yang berdaun merah, hijau, dan keunguan. Daunnya pun bervariasi mulai dari kecil sekitar 5 cm hingga panjang mencapai 15 cm.

Crytocoryne sebenarnya merupakan tanaman yang sangat mudah dipelihara dengan pertumbuhan yang relatif cepat. Namun kekurangan tanaman ini adalah ketika baru ditanam di tempat baru, daun-daunnya akan menguning dan akhirnya busuk. Daun yang membusuk ini umumnya terjadi pada daun tua.

cryptocoryne
Cryptocoryne saya yang baru ditanam beberapa hari nampak daunnya membusuk

Mengapa Cryptocoryne dan beberapa tanaman lain mudah busuk ketika baru ditanam?
Hal ini terjadi karena perubahan pada kualitas air. Tumbuhan akan menyesuaikan diri dengan kondisi air yang baru sehingga dalam masa-masa adaptasi ini daunnya akan membusuk.

Namun jangan kuatir, pembusukan daun ini hanya berlangsung sebentar dan kemudian akan diikuti tumbuhnya daun baru yang telah beradaptasi dengan lingkungan. Daun yang baru ini akan tumbuh dan menggantikan daun-daun lama yang telah membusuk.

Berdasarkan pengalaman saya, tanaman yang mudah busuk karena perubahan kualitas air adalah jenis tanaman herbaceus. Yaitu tanaman dengan tipe daun yang memiliki tekstur lembut, lebar, mudah patah dan nampak berair. Tanaman-tanaman jenis ini biasanya tumbuh dengan cepat dan memiliki perakaran yang panjang.

Baca juga: Dapatkah Blackout Aquascape Membasmi Alga Cladophora?

Tanaman-tanaman semacam Cryptocoryne sangat cocok untuk ditanam oleh pemula karena minim perawatan. Selain itu karena pertumbuhannya yang lumayan cepat, hanya dalam beberapa bulan akan ditemukan rimbunan Cryptocoryne yang nampak seperti semak-semak pada aquascape.

Perbanyakan tanaman ini cukup mudah, hanya tinggal memisahkan tunas berakar pada tempat lain maka akan tumbuh menjadi kumpulan Cryptocoryne baru. Tanaman ini dijual dengan harga murah, sekitar Rp5.000 di toko-toko ikan hias.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Menguak Penyebab Daun Tanaman Aquascape Baru Mudah Busuk"