5 Alga Eater Terbaik Buat Aquascape

Aquascape memang indah bila terawat dengan baik, tanaman-tanaman yang subur membuat hati tenang dan ayem ketika memandangnya. Namun untuk menghasilkan aquascape yang indah tidaklah mudah. Banyak sekali masalah yang mendera tanaman-tanaman dalam kaca itu, salah satunya adalah masalah alga.

Alga atau orang-orang sering menyebutnya lumut adalah tumbuhan mirip rambut yang sering tumbuh tak terkontrol dalam akuarium. Alga ini akan tumbuh subur dalam aquascape yang kotor dan pencahayaan yang terlalu kuat.

platy alga eater
Platy panda selain indah dipandang juga merupakan ikan pemakan alga

Untuk membersihkan alga dari aquascape bisa dilakukan dengan cara manual yaitu dengan mengelapnya dan bisa juga dengan cara alami melalui kerja dari hewan-hewan pemakan alga.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang hewan-hewan pemakan alga yang baik digunakan untuk membersihkan aquascape kita. Alga eater atau pemakan alga yang saya jelaskan disini adalah jenis yang sudah pernah saya pelihara dan merupakan jenis-jenis yang sangat mudah diperoleh di pasaran.

Ikan Chinese Alga Eater

Chinese alga eater (CAE) merupakan ikan yang sangat populer sebagai ikan pemakan alga. Ikan ini memiliki semacam selaput pada mulutnya yang digunakan untuk menempel pada permukaan kaca akuarium. Ikan ini sangat baik dalam membersihkan alga yang menempel di kaca dan juga alga hijau yang tumbuh di daun tanaman.

lemon alga eater
Chinese alga eater kadang juga disebut lemon alga eater

Sayangnya ikan ini dapat tumbuh agak besar jadi kurang cocok dipelihara dalam akuarium kecil. Ketika masih kecil CAE sangat aktif memakan alga, namun ketika sudah beranjak besar dia akan lebih menyukai makanan padat seperti pelet sehingga tidak terlalu aktif lagi memakan alga.

Berdasarkan pengalaman saya memelihara 2 ekor CAE kecil dalam akuarium, dalam dua minggu akuarium sudah bebas dari alga pengganggu. Namun ketika ikan ini semakin besar, dia tidak banyak makan alga dan akhirnya alga-alga pengganggu itu mulai muncul lagi dalam akuarium.

Ikan Flying Fox

Flying fox memiliki bentuk yang agak mirip dengan CAE, hanya saja selaput dimulutnya tidak selebar CAE. Warna tubuhnya dominan coklat dengan garis hitam di sepanjang tubuh.

Flying Fox alga eater
Flying Fox alga eater

Ikan ini saya sukai karena dia sangat rakus memakan alga hitam. Alga hitam atau alga rambut yang dapat tumbuh panjang dan menggerombol sangat mengganggu dan membuat aquascape nampak buruk.

Syukurlah ada ikan ini yang sangat suka memakan alga hitam sehingga akuarium bisa terbebas dari gangguan si alga. Ikan ini juga dapat tumbuh agak besar, namun dia tetap akan memakan alga hingga besar.

Sayangnya ikan ini tidak cocok untuk membersihkan kaca akuarium. Mulutnya di desain untuk memakan alga yang menempel pada batu dan daun, mungkin sedikit-sedikit dia bisa mamakan alga yang menempel di kaca namun tidak sebaik kerja dari CAE (untuk urusan bersih-bersih kaca).

Baca juga : Mengatasi Daun Anubias Berlubang

Nerite Snail

Nerite Snail atau keong nerit merupakan alga eater yang paling saya sukai. Keong ini memiliki pola warna yang beragam, ada yang coklat muda, kekuningan, dan bergaris-garis. Cangkangnya sering kali dihiasi dengan tanduk-tanduk yang mencuat yang letaknya beraturan.

nerite snail
Nerite snail

Keong ini merupakan alga eater yang rakus, dia akan memakan alga yang tumbuh di batu, daun, bahkan di kaca. Jadi ibaratnya dia adalah paket kumplit yang akan menjadi petugas bersih-bersih untuk akuarium kita.

Keong ini juga tidak dapat berkembangbiak di air tawar jadi tidak akan terjadi ledakan polulasi keong dalam akuarium. Bentuk cangkangnya yang dihiasi tanduk-taduk sangat menarik diamati dalam akuarium. Saya sangat merekomendasikan keong ini untuk membersihkan alga di aquascape.

Red Cherry Shrimp

Red Cherry Shrimp atau udang merah merupakan jenis udang kecil yang warnanya beragam. Warna yang paling umum adalah merah, namun ada juga yang berwarna kuning, biru, dan hitam. Undang ini sangat indah dipelihara dalam aquascape, bahkan ada orang yang hanya memelihara udang saja karena sudah cukup indah tanpa ikan-ikan.

udang merah hias
Red Cherry Shrimp

Udang ini akan memakan alga-alga yang berukuran mikro atau kecil. Jadi jangan harapkan udang ini memakan alga yang tumbuh besar. Namun bila dipelihara sejak awal membuat aquascape, udang ini akan mencegah alga-alga tumbuh besar karena ketika baru tumbuh sudah langsung dimakan. Dia juga akan memakan sisa-sisa pelet yang tidak dimakan ikan sehingga tidak menjadi sampah yang mengotori akuarium.

Baca juga : Cara Beternak Red Cherry Shrimp

Ikan Guppy

Ikan guppy umumnya dipelihara sebagai ikan hias akarena keindahan siripnya. Namun siapa sangka ikan ini juga doyan memakan alga sehingga bisa sekalian dijadikan sebagai tukang bersih-bersih.

ikan gupi
Ikan Guppy

Ikan ini akan memakan alga yang tumbuh pada daun dan batu-batu di akuarium. Walaupun kemampuan memakan alganya tidak sebaik CAE maupun Flying Fox namun dapat menjadi alternatif karena ukurannya kecil dan warnanya indah.

Ikan Platy dan Molly

Platy dan Molly memiliki bentuk yang mirip karena kedua ikan ini masih berkerabat dekat. Ikan ini memiliki warna yang sangat beragam, dari merah, kuning, hijau, biru, hitam, bercorak, bertotol, bergaris dan lain-lain. Ikan ini sangat menarik bila dipeliara beramai-ramai.

plati merah
Platy merah

Ikan ini juga akan memakan alga yang tumbuh di akuarium kita. Kemampuan memakan alga ikan ini lebih hebat dari guppy tapi tidak sehebat CAE maupun Flying fox.

Itu adalah 5 jenis alga eater yang pernah saya pelihara dan saya rekomendasikan pada teman-teman. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak ada yang sempurna. Namun bila diminta memilih salah satu yang paling saya sukai, saya akan memilih nerite snail karena paling efektif menurut saya, walaupun kerjanya lambat hehe....namanya juga keong.

Bila di artikel yang lain teman-teman mungkin akan menemui jenis otocinclus sebagai pemakan alga yang hebat. Namun ikan ini cenderung sulit diperoleh dan harganya agak mahal jadi tidak saya masukkan dalam list ini. Dalam artikel ini saya pilihkan hewan-hewan yang murah dan mudah diperoleh di pasaran saja.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "5 Alga Eater Terbaik Buat Aquascape"